Tata Cara Pemilihan Hewan Qurban

Halo, Sobat Makna!

Setelah ibadah puasa di bulan Ramadan dan perayaan Hari Idul Fitri kemarin, ada hari raya yang sebentar lagi akan dirayakan oleh umat muslim sedunia. Yaitu, Hari Raya Idul Adha yang jatuh bertepatan pada tanggal 11 Agustus 2019. Hanya tinggal satu bulan lagi!

Hari Raya Idul Adha merupakan hari di mana umat muslim di seluruh dunia merayakannya dengan menyembelih hewan qurban. Hal ini sebagai bentuk rasa terimakasih yang berasal dari kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang mana perintah untuk melakukannya terdapat dalam Al-Qur’an pada berbagai surat, yaitu … yang bunyinya :

“…”

Namun, penyembelihan hewan qurban ini tentulah tidak sembarangan. Ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh hewan qurban untuk masuk kategori layak. Apakah ini qurban pertamamu? Atau selama ini kamu hanya percaya saja dengan pedagang tanpa mengetahui ilmunya? Ada baiknya kamu mengetahui cara dalam memilih hewan qurban yang sesuai dengan syariat Islam agar ibadah qurbanmu terasa lebih bermakna.

Yuk, simak penjelasan kami tentang tata cara memilih hewan qurban yang sesuai dengan syariat islam berikut ini :

  1. Jenis Hewan yang Bisa Diqurbankan (Domba, Kambing, Sapi, Kerbau, Unta)
  2. Usia Minimal Hewan (Domba dan Kambing : 12-18 bulan, Sapi dan kerbau : 22 bulan, Unta : 5 tahun)
  3. Hewan Sehat dan Tidak Cacat
  • Sehat :

Tidak menderita zoonosis, kutu, diare, buta sebelah, pincang, kurus.

Pastikan posturnya juga bagus dan seimbang di mana ia tidak cacat – minta SKKH atau Surat Keterangan Kesehatan Hewan terkait hewan yang akan Anda beli

Dari fisik bisa perhatikan bagian mata, hidung, anus. Hewan yang sehat matanya tidak pucat, yang sehat kelopak mata dalamnya berwarna merah muda. Hidung terlihat basah, bersih, dan tidak mengeluarkan cairan yang pada umumnya berwarna merah. Anus bersih, karena kalau kotor berarti lagi diare.

Tips tambahan :

  1. Pastikan Bobot Hewan Sesuai
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *